Sebelum beli laptop pahami dulu perbedaan AMD dan Intel

Jika berbicara masalah processor pasti yang muncul di benak kamu adalah AMD (Advance Micro Device) dan Intel. AMD dan Intel adalah dua merk dagang yang sangat populer dan menguasai pasar dunia. Kedua merk tersebut berasal dari negara yang sama yaitu Amerika Serikat.



Processor multi core-dual core dan atau quad core mempunyai kinerja yang lebih dibandingkan kinerja processor yang hanya mempunyai core tunggal, berdasarkan bebeberapa hasil pengujian yang telah dilakukan. Tidak heran hal tersebut terjadi, karena mempunyai core lebih banyak dan mempunyai L2 Cache yang besar pula. 


Kedua processor tersebut merupakan processer yang mempunyai kinerja sangat baik dan kredibilitas juga integritas yang tinggi dibanding merk lainnya. Ada yang lebih menyukai AMD ketimbang Intel karena kelebihannya dan tidak sedikit pula yang menyukai Intel karena beberapa kelebihannya pula.


Apa itu Processor?

Processor lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit) atau otak dari sebuah komputer. Processor terletak pada bagian socket yang ada dibagian motherboard dan bisa diganti dengan jenis processor lain asalakan mempunyai socket yang sama dengan socket yang berada pada motherboard. Tanpa adanya Processor, Komputer atau PC tidak akan berfungsi.

AMD

Kelebihan AMD :

1. AMD dikenal lebih murah dibandingkan intel

Untuk kalangan gamer yang mempunyai dana terbatas sering menggunakan processor jenis AMD ini. AMD lebih murah dikarenakan pasar processor masih dipimpin oleh Intel. Mungkin setelah AMD yang memimpin atau mendominasi pasar, harga processor AMD akan lebih mahal.


2. Lebih unggul daripada Intel dari segi grafis

Ini merupakan point tambahan bagi kalangan para gamers yang menggunakan processor jenis AMD. Selain harganya murah, kulitas grafisnya pun dapat mengalahkan Intel dan sangat cocok bagi gamers karena akan membuat tampilan grafis game tersebut menjadi lebih menarik.

3. Processor AMD bisa mendeteksi Malware

Enchanced Virus Protection (EVP) adalah nama fitur dari AMD yang berfungsi untuk mendeteksi Malware. Fitur ini berfungsi untuk mengecek apakah ada virus atau tidak ketika kamu menjalankan aplikasi.


Kekurangan AMD :

1.Kalah nama dari processor Intel

Pengguna AMD masih sangat sedikit jika dibandingkan pengguna Intel. Hal itu sangat mempengaruhi AMD dalam pemilihan processor bagi orang awam. Mereka yang awam pasti akan lebih memilih processor Intel ketimbang AMD karena nama Intel sudah sangat familiar ditelinga mereka.

2. Lebih mudan panas

AMD lebih sering mengeluarkan panas ketika sedang bekerja. Itu dikarenakan processor AMD tidak menggunakan heatsink sebagai pendingin utama. AMD masih menggunakan pendingin berjenis fan dan ada juga yang menggunakan Ice Cooler.

3. Kalah untuk multimedia

Bagi kamu yang bergelut didunia multimedia tidak disarankan menggunakan processor AMD. Karena processor ini memakan waktu yang lebih lama dibanding Intel dalam proses rendering dan juga AMD tidak dirancang untuk hal-hal yanh berkaitan dengan multimedia.

INTEL

Kelebihan Intel :

1. Intel tidak mudah panas

Processor sudah dirancang untuk mengatur suhu pada saat Komputer atau Laptop bekerja. Menggunakan Komputer atau Laptop yang memiliki processor Intel dengan jangka waktu yang lama pasti tidak akan menyebabkan panas yang berlebihan karena panas tersebut langsung ditangani oleh intel. 

2. Lebih unggul dalam segi multimedia

Jiak kamu bergelut didunia multimedia seperti Content Creator, Game Maker, Cinematographer atau yang lainnya akan sangat cocok sekali menggunakan Intel. Itu disebabkan karena intel mempunyai proses rendering yang cepat dibanding AMD.

3. Sudah mempunyai nama dipasaran

Intel menguasai pasar processor di dunia dan juga intel telah merebut hati para konsumen dengan memberikan processor berkualitas tinggi. Itulah yang menyebabkan nama Intel lebih dikenal dibandingkan AMD.

Kekurangan Intel :

1. Biaya sangat mahal

Jika dibandingkan dengan AMD, Intel mempunyak harga yang jauh lebih mahal. Itu dikarenakan Intel sudah memiliki reputasi yanh besar di pasr dunia. 

2. Spesifikasi lebih tinggi, biaya lebih mahal

Jika kamu ingin mempunyai Processor intel yang lebih tinggi maka kamu harus membayar lebih mahal pula. Itu hal wajar menginat Intel sudah memiliki reputasi, popularitas dan juga kualitas yang sangat baik.

3. Intel kurang unggul dalam segi grafis

Dalam segi grafis, Intel masih kalan dibandingan AMD. Hal inilah yang membuat para gamers banyak yang memilih AMD sebagai processor PC gaming mereka.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari processor Intel dan AMD. Semoga artikel ini membantu kalian dalam memilih akan menggunakan processor intel atau AMD.