CARA JUALAN DI INSTAGRAM AGAR LARIS MANIS

Media sosial kini bukan hanya menjadi media informasi ataupun tempat untuk membagikan moment mengesankan. Media sosial telah bertransformasi menjadi media bisnis, banyak sekali yang menggunakan media sosial untuk berjualan. Salah satu media sosial yang banak digunakan berjualan yaitu instagram. Di Indonesia sendiri pegguna instagram mencapai 57 juta jiwa, maka tak heran jika instagram dimanfaatkan oleh sebagia orang untuk berjualan ataupun mempromosikan bisnisnya.



Berjualan di media sosial terlebih lagi instagram sangat menjanjikan sekali dan banyak kelebihannya. Misalnya dari segi biaya. Bahkan promosi di instagram bisa dilakukan secara gratis tanpa mengeluarkan uang dan jangkauan instagram nya pun sangatlah luas.


Banyak pelaku bisnis pemula yang masih salah cara berjualannya di instagram. Selain itu banyak juga yang berfikiran pembeli aka datang jika terus upload foto.


KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN KETIKA BERJUALAN DI INSTAGRAM

Instagram memang memiliki potensi yang besar untuk dijadikan tempat jualan. Tapi, kamu harus tahu cara-cara berjualan di instagtam yang tepat. Karen, banyak sekali pelaku bisnis yang gagal berjualan di instagram karena tidak tahu cara yeng tepat. Berikut beberapa kesalahan yang dering dilakukan ketika berjualan di instagram.


1.TIDAK MEMPUNYAI TARGET YANG SPESIFIK

Jika kamu akan promosi barang daganganmi di instagram maka harus jelas pula arahnya akan kemana. Promosi dan pemasaran yang tidak terarah akan membuang waktu, fikiran, uang dan tenaga. Mungkin sebagian pengguna instagram akan tertarik dengan konten yang kamu buat. Tapi jika banyak dari mereka yang tidak berminat dengan barang atau jasa yang kamu tawarkan, angka penjualanmu akan kecil. Ini termasuk salah satu contoh cara jualan di instagram yang gagal.


Pahami terlebih dahulu target kamu sebelum melakukan promosi. Jika kamu sudah mempunyai produk, kalian bisa mulai memahami dan mencari tahu siapa yang kemungkinan akan membutuhkan produkmu. Disinilah kalian suda bisa menentukan konten seperti apa yang sekiranya pas dan efektif untuk digunakan.


2.TIDAK MEMILIKI BRAND VOICE YANG OTENTIK

Bagaimana publik dapat mengenal produkmu? Itu semua sangat bergantung pada brand voice yang kamu pilih. Brand voice di ibaratkan cerminan dari brand kamu. Apakah brand kamu memiliki karakter yang elegan, ceria atau yang lainnya.


Brand voice tidak hanya di ekspresikan oleh audio. Brand voice bisa ditunjukan oleh karakter desain dan konsep postinganmu di instagram. Usahan membuat brand voice yang otentik agar mudah dikenali oleh publik. Buatlah brand voice yang unik, berkarakter dan mudah dikenali. Ini akam membuat bisnismu lebih unggul dari kompetitor.


3.HANYA FOKUS PADA FOLLOWER

Pasti ketika baru mulai jualan di instagram yang pertama kali dilakukan adalah mencari follower. Karena semakin banyak follower maka semakin percaya pula para pengguna instagram terhadap akun kamu.  Tapi meski begitu, kamu tidak boleh terlalu fokus pada follower karena banyak e-commerce yang bisa dijadikan alternatif jika ada pembeli yang kuranh percaya.


Follower menjadi tolak ukur popularitas suatu akun. Tapi jika kamu terlalu mengejar jumlah follower akan banyak sekali hal yang kamu lewatkan. Perlu kamu ketahui bahwa dari sekian banyak follower yang kamu punya, hanya 20% yang sering melihat konten-kontenmu. 


4.TIDAK MELAKUKAN PEMASARAN 

Hanya membuat konten dan berharap akan ada banyak orang yang melihat kontenmu itu tidak efisien bagi akun kecil dan belum memiliki nama di publik. Manfaatkan instagram ads ataupun endorse untuk promosi brand kalian agat semakin banyak engagement yang kamu dapatkan. Dengan promosi seperti ini dapat membuat 4x lebih cepat mendapatkan pembeli.


5 CARA SUSKES JUALAN DI INSTAGRAM 

Agar tidak melakukan kesalahan seperti diatas, kamu harus tahu cara yang tepat untuk berjualan di instagram. Kami bisa menerapkan tips berikut yang sudah saya rangkum untuk meningkatkan penjualanmu.


1.BUAT AKUN INSTAGRAM BISNIS

Ada 3 jenis akun di instagram yaitu pribadi, kreator dan bisnis. Sebenarnya menggunakan akun pribadi saja sudah cukup untuk memulai berjualan di instagram, namun untuk menaikan kredibilitas sebaiknya menggunakan akun bisnis.


Membuat akun instagtam bisnis tidak sulit, kalian hanya tinggal pergi ke pengaturan-akun-pilih switch to business account. Sebaiknya kalian sudah mempunyai fanspage facebook sebelum membuat akun instagram bisnis. Karena itu akan sangat membantu kamu dalam hal promosi.


2.BUAT KONTEN YANG MENARIK SEBANYAK MUNGKIN

Kalian akan lebih banyak berkutat pada konten ketika awal-awal memulai berjualan di instagram. Buatlah konten yang kreatif dan menarik sebanyak mungkin. Postinglah secara rutin dan konsisten.


Perhatikan berbagai aspek ketika membuat konten seperti pengambilan gambar, penggunaan efek, dan pencahayaan. Pastikan riset dulu waktu yang tepat untuk upload.


3.BUAT DISKON BEBERAPA BULAN SEKALI

Semua orang suka dengan diskon, jadi manfaatkan diskon untuk menarik lebih banyak pembeli. Cantumkan harga lama dan harga swtelah diskon agar terlihat menarik dan pembeli lebih tertarik untuk membeli. Promosikan juga di media sosial lain ketika sedang mengadakan diskon agar lebih banyak jangkauan yanh diperoleh.


4.GUNAKAN HASTAG

Gunakan hastag untuk memudahkan orang menemukan produkmu. Penggunaan hastag harus dilakukan secara cermat dan tepat, sesuaikan dengan brand kamu dan pastikan jangan terlalu berlebihan. 


Itulah beberapa cara sukses jualan di instagram yang dapat kamu coba untuk bisnismu. Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara sukses di instagram. Jangan lupa tinggalkan komentar jika artikel ini bermanfaat.