6 TIPS AGAR CEPAT DI INDEKS GOOGLE


6 Tips agar cepat di indeks google
Kalau website kamu tak masuk dalam index google, anda dalam masalah besar. Websjte kamu tidak akan muncul dalam hasil pencarian dan orang-orang tak akan tahu kalau website kamu eksis di dunia maya.


Tapi, tenang saja. Tak usah panik atau bingung karena kamu bisa melakukan sesuatu untuk itu.
Lalu, bagaimana caranya agar blog bisa terindeks oleh google? Kami akan menjeladkannya secara lengkap untuk kamu diartikel kali ini.
Namun, sebelum itu, penting bagi kamu untuk mengerti apa itu google index, cara index google bekerja, dan kenapa di index google penting untuk website kamu.

Apa itu google index?

Google index adalah database berisi informasj dan halaman website yang dikumpulkan google. Nah, dari database itulah google bisa menampilkan hasil pencarian kepada penggunanya.

Database tersebut didapatkan dari proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh google. Indexing dan crawling ini membuat google bisa menemukan halaman-halaman website baru di dunia maya menggunakan suatu teknologi bernama spiders. Spiders google sendiri dinamakan googlebot.

Masih bingung? Berikut saya jabarkan pengertian singkatnya masing-masing :

Crawl : Crawler adalah suatu program yang dipergunakan untuk mengindeks isi atau suatu situs. Dalam prakteknya, banyaj pemilik situs atau webmaster mendaftarkan websitenya ke search engine seperti google, yahoo!, Webcrawlee, hotbot, alta vista, infoseek, dan lycos.


Search engine ini secara berkela akan mengakses website terdaftar tersebut, kemudian menarik data (data mining) teks html dalam situs itu untuk kemudian dilakukan pengindeksan atas isi situs. Di sini tentunya data situs yang diproteksi, misalnya harus dengan sistem login, tidak akan diakses oleh program crawler ini.

Indexing : Indexing adalah sebuah data struktur yang menyimpan nilai spesifik sebuah kolom pada sebuah table.

Apa fungsinya?
Untuk membantu mempercepat proses eksekusi sebuah query ke sebuah database yang sudah berisi byk data.

Bahasa simplenya dong?
Jika kamu mempunyai sebuah perpustakaan dan di perpustakaan itu terdapat berbagai macam buku. Dan pada suatu saat kamu membutuhkan sebuah buku Database, tentu kamu akan mencarinya di Rak bagian Komputer. Rak merupakan analogi dari index di sebuah database.

Spiders : Proses untuk menyimpan setiap halaman website ke dalam database agar muncul di hasil pencarian.

Googlebot : Spiders milik Google.

Google Index inilah yang akan menampilkan suatu website di hasil pencarian. Jika suatu website tak muncul di hasil pencarian sama sekali, website tersebut belum masuk ke dalam database Google Index.

Untuk melihat website kamu sudah masuk ke Google index, kamu dapat melakukan pencarian “site:domainwebsite.com”.

Nah, untuk membuat website kamu terindex oleh Google dengan cepat. Kamu harus melakukan 7 hal berikut:

1. Tambahkan website kamu ke google search console

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menambahkan website kamu ke Google Search Console. Google Search Console adalah tools Google yang berguna untuk memonitoring kinerja website.

Melalui tools ini kamu dapat mengidentifikasi halaman paling populer (paling banyak diakses pengunjung), mengetahui keyword yang populer untuk bisnis kamu atau mengevaluasi konten-konten yang ada pada website.

Fungsi Google Search Console yang paling penting dalam proses indexing adalah kamu bisa melihat seberapa sering Google melakukan crawling terhadap website kamu serta mengetahui indexing error yang bisa mempengaruhi ranking website pada hasil pencarian.

2. Buat Sitemap

Untuk memudahkan Googlebot memahami isi website, Kamu perlu untuk membuat sitemap XML. Sitemap XML ini merupakan daftar dari halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari agar website Kamu bisa lebih mudah ditemukan yang nantinya berefek ke website Kamu yang bisa lebih cepat masuk index.

Selain sitemap XML ini, ada juga sitemap HTML. Nah, berbeda dari sitemap XML yang ditujukan untuk mesin pencari, sitemap HTML ini dibuat untuk pengunjung website Kamu.

Sitemap HTML sebenarnya tak berefek langsung kepada Google Index, namun Kamu tetap disarankan untuk membuatnya. Hal ini karena sitemap HTML membuat pengunjung lebih mudah melakukan navigasi ke berbagai halaman di website Kamu. Jadi, mereka tahu mana halaman Kategori atau mana halaman Kontak, misalnya.

3. Perbaikan indexing error

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1 (Tambahkan Website Kamu ke Google Search Console) kamu dapat mengetahui indexing error melalui Google Search Console yang berpengaruh pada ranking website kamu.

Setelah mengetahui kalau ada error di website, kamu harus memperbaiki indexing error tersebut. Berikut beberapa error yang paling sering ditemukan:

404 Error

404 error yaitu error yang terjadi ketika Google melakukan crawling terdapat sebuah halaman website 404 error.

Soft 404 Error

Error 404 error yaitu error yang terjadi Google melakukan crawling juga menemukan halaman 404 error, tetapi status pada kode halaman mengirimkan pesan 200 (sukses) ke browser.

Server Error

Server error yaitu error yang menunjukkan server kamu mengalami time out (tidak dapat merespon).

Not Followed

Not followed yaitu error yang terjadi ketika Google tidak bisa memahami tipe konten di website, seperti iframe, flash, atau javascript.

Untuk mengatasi masalah error diatas, berikut caranya:

404 error
Untuk mengatasi 404 error, lakukan hal-hal berikut:

Perhatikan penulisan URL.

Reload atau refresh halaman.
Bersihkan cache dan history browser kamu.
Jika website kamu berbasis wordpress, kamu bisa coba mereset permalink, restore file .htaccess, dan nonaktifkan tema dan plugin jika masih belum berhasil (masih error).

Server Error
Server error disebabkan oleh beberapa alasan, salah satunya yaitu server mengalami time out. Gunakan Fetch as Google untuk memastikan apakah halaman tersebut benar-benar error. Jika fetch as Google menunjukkan halaman tersebut masih berjalan dengan baik, kamu bisa mengabaikan error tersebut.

4. Buat Konten

Walaupun website atau blog Kamu belum terindeks oleh Google, bukan berarti Kamu tak bisa menerbitkan konten sama sekali. Justru Kamu harus mulai menerbitkan konten agar bisa membantu website Kamu lebih cepat untuk masuk ke Google Index.

Namun, Kamu tak bisa membuat konten sembarangan. Kamu harus membuat dan mengeluarkan konten-konten berkualitas secara rutin. Hal ini menunjukkan kepada Google bahwa website Kamu itu memberikan berbagai informasi yang segar dan up-to-date kepada para pengunjung.

Konten-konten berkualitas tinggi yang segar tersebut juga membuat Googlebot semakin sering melakukan crawling pada website kamu karena relevannya konten kamu dengan apa yang sedang dicari oleh orang-orang saat ini.

Website jenis apapun disarankan untuk mempunyai konten di dalamnya.

5. Perbanyak Link Internal

Internal link adalah link yang mengarah dari suatu halaman menuju halaman lain dalam satu website. Internal link membantu Google memahami hubungan setiap halaman pada website kamu.

Internal link berkaitan dengan anchor text. Anchor text berisi link yang saling berkaitan, gunakan kata-kata yang memberikan nilai bagi pembaca, karena kata anchor text yang salah akan berdampak buruk terhadap SEO.

Contoh penggunaan kata anchor text yang salah yaitu disini, disini, ini, itu, dan lain-lain.
Dan perlu diperhatikan, jangan sembarangan menaruh internal link (tidak berhubungan), karena dapat dianggap “spam” oleh Google.

6.Buatlah Backlink Berkualitas

Backlink merupakan sebuah link yang dipasang pada suatu website lain yang mengarah ke halaman website kamu.

Backlink cukup penting dalam indexing, karena salah satu cara Googlebot menemukan halaman baru adalah dengan melalui backlink. Jika kamu mendapatkan backlink berkualitas dari banyak website, semakin mudah pula Googlebot untuk menemukan website kamu.

Membangun backlink berkualitas ini bisa dikatakan adalah cara mempercepat index Google yang sering diabaikan. Padahal, Google menganggap halaman yang mempunyai backlink berkualitas itu lebih penting.

Sehingga besar kemungkinan Googlebot akan lebih cepat crawling di sana daripada halaman tanpa backlink. Hal ini nantinya akan berefek kepada proses indexing yang lebih cepat.

Cara mempercepat index google

Selain cara-cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba. Walaupun sebenarnya cara-cara dibawah ini tak berpengaruh langsung terhadap Google Index, tapi tetap patut kamu coba.
Setidaknya bisa membantu kamu untuk mendapatkan trafik di luar pencarian organik, sembari menunggu diindeks oleh Google.

Masuk ke Google Index adalah langkah pertama agar website kamu bisa sukses. Tanpa masuk index Google, website Kamu juga tak akan muncul dalam hasil pencarian dan pada akhirnya tak ada pengunjung ke sana. Dengan menggunakan cara-cara di atas, kami harap website Kamu bisa masuk ke Google Index..

Nah, setelah website Kamu berhasil masuk ke Google Index, apa yang harus Kamu lakukan selanjutnya?